Rabu, 26 Desember 2012

Proses Pembuatan Es Balok



Bahan Baku dan Peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
1.      Bahan Baku
a.   Air sumur, merupakan bahan baku pembuatan es.
b.  Air PDAM, merupakan bahan baku cadangan pembuatan es. Air PDAM digunakan apabila air sumur berkurang atau airnya tidak memenuhi persyaratan.

2.      Bahan Pembantu
a.  Garam, berfungsi untuk mencapai proses pendinginan (sebagai mediator) karena air garam dengan kadar  kurang lebih  19 % terlarut paling sempurna dan tidak terjadi endapan pada bak pendingin yang memiliki titik beku lebih rendah dibanding dengan air murni yang ada di dalam ice scan.
b.  NH3 atau amoniak, berfungsi sebagai pendingin karena amoniak memiliki titik didih -280 F.
c.   Oli dan solar, berfungsi sebagai pelumas dan bahan bakar mesin-mesin produksi.

3.      Peralatan yang digunakan dalam proses produksi seperti terlampir pada lampiran.

Proses Pembuatan Es Balok dapat diuraikan sebagai berikut :
1.   Tahap I (Proses Pengisian)
Ice can (cetakan es) diisi dengan air murni dengan menggunakan Filling Tank (Tangki Pengisian Air) sebagai bahan baku utama pembuatan es. Ice can  yang digunakan terbuat dari plat 1.8 mm dengan lapisan anti karat galvanis, dan dilengkapi dengan frame isi 10 unit cetakan dengan  masing-masing cetakan mempunyai berat 50 kg. Filling Tank (Tangki pengisisan air) dilengkapi dengan katup dan level control sehingga pengisian air dapat dikontrol sesuai dengan kapasitas tangki.

2.   Tahap II (Proses Pengangkatan)
Setelah proses pengisian selesai, ice can kemudian diangkat oleh pengangkat dan diletakkan kedalam Brine Tank (bak pendingin) yaitu dengan memasang ice can pada rei (alat Bantu untuk mempermudah proses penempatan) yang terdapat pada bagian atas Brine Tank.

3.   Tahan III  (Proses Pendinginan)
Ice can tersebut kemudian dicelupkan ke dalam Brine Tank dan terendam sampai level air di dalam ice can sejajar dengan level brine tank (tangki proses). Brine berfungsi sebagai refrigerant untuk mengambil kalor dari air sehingga air menjadi dingin dan lama-kelamaan akan membeku (menjadi es). Proses pendinginan memakan waktu kurang lebih 24 jam agar es balok yang dihasilkan nantinya benar-benar matang. Pada Brine Tank juga dilengkapi dengan brine agitator (pengaduk air garam) agar larutan garam yang dihasilkan lebih merata dan brine tidak menjadi gel/bubur yang disebabkan karena temperatur terlalu dingin.

4.   Tahap IV (Proses Perendaman)
Apabila es balok sudah terbentuk (membeku) proses selanjutnya adalah pengangkatan ice can dari Brine Tank untuk direndam di air normal pada Dip Tank (Tangki pelepas es). Hal ini bertujuan agar sisi es balok terluar mencair, agar es balok tersebut mudah terlepas dari ice can

5.   Tahap VI (Proses Pelepasan)
Setelah sisi es balok terluar mencair, maka angkat ice can dengan menggunakan rei dan keluarkan es balok dari cetakan, setelah es balok keluar maka angkut ke tempat penyortiran dengan cara diluncurkan dengan can dumper (peluncur es).

6.   Tahap VI (Proses Penyortiran)
Es balok yang sudah terlepas dari ice scan tadi disortir untuk memperoleh es balok yang layak untuk dijual ke konsumen..

Hasil Produksi
Es balok yang dihasilkan memiliki masing-masing berat 50 kg. Dalam seharinya mampu memproduksi es balok sebanyak 100.000 kg atau 2000 balok setiap hari. Angka ini berdasarkan kapasitas mesin dalam berproduksi. Es balok yang dihasilkan berwarna putih bening bukan putih susu sehingga pencairan es akan lebih lama.

19 komentar:

  1. MANFAAT ICE PACK
    Ice pack generasi baru adalah material alternative pengganti es batu dan dengan berbagai macam manfaat dan kegunaan di antaranya adalah:
    1. Menaruh 1 lempeng dalam lemari es biasa akan memberikan suhu tambahan hingga minus 20ºC sehingga mampu membuat es batu lebih cepat, hemat energi karena penalaan suhu kulkas anda bisa lebih kecil maka kulkas akan lebih awet pemakaian listrik pun lebih hemat.
    2. Menempatkan satu lempeng dalam lemari es mobil anda dapat mempertahan suhu minuman & makanan anda selama kendaraan tidak dijalankan dimalam hari.
    3. Menempatkan 4 lempeng dalam cooler box 40 liter dapat mempertahankan suhu Ice cream selama minimal 12 jam perjalanan delivery.
    4. Membuat hamparan pada cool storage ikan beku dan udang di dept.store membuat ikan tetap beku tanpa paparan air seperti penggunaan es batu pada umumnya.
    5. Membuat hamparan pada cool storage Ice cream, sayuran, buah – buahan dan minuman segar di dept.store membuat kinerja cool storage menjadi maksimal dan hemat energi.
    6. Menempatkan beberapa lempeng dalam cold storage dapat membantu menurunkan suhu rendah menjadi extra rendah sehingga investasi anda lebih hemat dibandingkan memakai cold storage extra rendah begitu pula untuk mobiling cold storage.
    7. Untuk unit unit cool box pedagang keliling, asongan minuman dan makanan dingin, Ice Cream dll, yang re-useable sangat effective karena tidak perlu lagi membeli es batu setiap hari, maka akan menghemat hingga 70%.
    8. Laboratorium dan Rumah sakit dapat menggunakan untuk kebutuhan stabilisator suhu obat obatan baik untuk delivery dan penyimpanan.
    9. Optimalisasi cold storage pada kapal penangkapan ikan laut dan pengiriman benur udang sebagai pengganti es batu dan Tempat Pelelangan Ikan segar didaerah pantai.
    10. Inovasi Fan atau kipas angin menjadi Air Conditioner (AC) yang ramah lingkungan dan tidak lembab seperti keluaran sebelumnya yang menggunakan air dingin.

    Ice pack terdiri dari beberapa ukuran :
    * 30 x 23 x 3 Rp 85000 berat 2 kg (nego)
    * 20 x 8 x 3 Rp 40000 berat 0.5 kg
    * 15 x 15 x 2 Rp 35000 berat 0.5 kg

    CARA PEMESANAN
    Utk pembayaran lebih baik datang langsung ke alamat kami Jl.shinta I no: 3 perumnas II tangerang atau
    Transfers ke :

    BANK BRI no.rek 4863-01-006256-53-4 an : iding sutardi,
    BANK MANDIRI no.rek 155-00-0483960-4 an : iding sutardi

    pengiriman barang via JNE atau yang lainnya.
    Konfirmasi terlebih dahulu ke : 0813 8070 1825 / 0896 0431 7454

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, terimakasih infonya ya mas Iding.... cukup bermanfaat sekali...

      Hapus
  2. kalo ukuran es balok berapa ukuranya???

    BalasHapus
  3. pengertian es balok itu sendiri apa?

    BalasHapus
  4. Dmn y aku bisa dapatkan pelatihannya??biar lbh mudah d aplikasikn...jd g cuma ngebayang aja...trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja datengin pabrik nya langsung, biasanya mereka mau nerima utk kita2 yg mau belajar,

      Hapus
  5. Aer nya ngga dimasak dulu...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya memang tidak ada proses pemasakan air,

      Hapus
  6. Aer nya ngga dimasak dulu...??

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum...Maaf ... Mas.mba dan abang2 saya minta bantuannya . Saya mau bikin alat untuk skripsi saya ... Tolongin saya mba mas. Saya mau bikin alat .mesin alat pembuat es balok.. saya minta sarannya nya.. ini nomer saya 08992731056

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan datengi pabriknya, dan nanya - nanya aja, minta ijin untuk melakukan penelitian klo menurutq bisa2 aja,

      Hapus
  8. berapa berat massa per es balok yang berukuran 22cm x 22cmx 112cm tsb?

    BalasHapus
  9. Berapa hargax utk pabrik es balok

    BalasHapus
  10. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus
  11. PT Deltapuro Indonesia menyediakan Brine Tank mulai dari kapasitas 60 liter sampai 200 liter, yang terdiri dari dua model yaitu model Square dan model Round

    BalasHapus
  12. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    Coagulan
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Garment wash
    Eco Loundry
    Paper Chemical
    Textile Chemical
    Coagulant
    Flokulan,nutrisi, bakteri
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem
    Alat-alat listrik
    Packaging
    Pallet

    BalasHapus

Tepung Telur Alternatif

Di jaman yang serba praktis seperti sekarang ini, banyak sekali produk-produk pangan yang serba instan. Begitu pula dengan telur, suda...